Ada banyak cerita dan kasus yang kami temui dalam lingkup business owner, manager atau mungkin C Level (old version) mungkin ini wajar, tapi bagi kami yang notabene bekerja untuk menkonversi semua aktivitas dari hulu ke hilir kami perlu sampaikan.

Banyak sekali orang awam ataupun manajemen sekalipun berpendapat bahwa iklan itu = sales. benarkah itu? artinya jika kita iklan sebanyak A maka hasilnya akan sebanyak A juga. lalu apa bedanya dengan proses menggandakan uang?

Nah, dalam proses pengembangan product marketing salah satu kunci dan inti keberhasilan adalah terjadi pembelian produk, sedangkan promosi dan aktivitas iklan itu sebagai pendorong dan pemicu agar lebih banyak orang melihat, masalah dia beli atau tidaknya, itu faktor yang perlu dinegosiasikan.

akan ada banyak asumsi dan spekulasi, mungkin banyak orang suka melihat produk kita, tapi mereka perlu waktu, perlu uang untuk membelinya juga, ketika mereka siap dan mereka butuh yap, mereka akan membelinya. nah, masalahnya, product lifecycle ini butuh modal kan? kita iklan butuh modal, bagaimana jika iklan kita belum menghasilkan penjualan?

Cek dulu, produknya apa? harganya berapa? kompetitornya siapa? jangan-jangan salah promosi? jangan-jangan juga cara promosinya kurang menarik, maka dari itu product marketing butuh “bertapa” sama seperti sebuah seni, mengenal product dan melihat dari sisi filosofi akan membantu kita tahu, siapa orang-orang yang akan memerlukan product ini? dimanakah mereka berada? dan dengan apa mereka menjangkau product ini? its selling!

Tapi, mengutip dari sebuah buku :

Peter Drucker Berpendapat bahwa, Tujuan dari bisnis bukan mencari profit/laba. Tujuan dari bisnis adalah menciptakan pelanggan.

So, bisa disimpulkan, proses iklan, promosi dan semua hal itu merupakan bagian dari proses perjalanan sebuah brand/product untuk melangsungkan kelanggengannya untuk menemukan pelanggannya.

Memang pasti ada cost, tapi setidaknya tugas marketing strategi adalah meminimalisir angka itu, dan menciptakan alternatif yang efisien.

Temanmedia.com | Google Partner

Tim Digital Temanmedia.com & Google Partner, siap bantu Bisnismu Berkembang dengan Internet. For Inquiry : budi@temanmedia.com | support 24/7

Tim Digital Temanmedia.com & Google Partner, siap bantu Bisnismu Berkembang dengan Internet. For Inquiry : budi@temanmedia.com | support 24/7